Regression Regresi adalah Kembali ke masa selama trance untuk mengingat peristiwa masa lalu, dan mengulangnya dalam imajinasi, seringkali dengan emosi yang menyertainya. saat saya belajar age regrassion di tahun 2011 secara intens juga menggunakan pada klien untuk pada sesi pertemuan pertama, karena saat itu saya belum memiliki roll model sebagai pijakan SOP/protokol therapeutic, di sela saya mempraktikkannya saya menemukan hal yang membuat saya kaget ternyata ada banyak macam dari age regression. diantara : age regression, past life regression dan age progression, dan masih ada 2 lagi. dan hal ini juga menjadi pemicu untuk bertanya beberapa hal kepada Issa Kumalasari, Trainer NLP dan Hipnoterapist yang juga mengajarkan Time Line Therapy TM. dan ini menjadi pembahasan yang seru dimana NLP mengakomodasi teknik regression ini dengan rapih, melalui TLT.

kembali pada Age Progression, sejatinya saya juga masih belajar, di artikel ini sebagai pengantar saya untuk suatu ketika memberikan pemahaman ini bahwa saya pernah menuliskan vasiasi age regression. age regression di gunakan bukan hal baru, seorang Brian L Weiss, Newton dan Gerald F Kein adalah beberapa orang yang memberikan kontribusinya melalui karya dan pelatihannya penggunaan age regression ini. salah satu manfaat dari teknik ini adalah untuk mengakses memory secara nyata dan mengalami kembali / revivication. hal ini sangatlah penting bahkan Calvin D. Banyan, salah satu kolega dari Gerald F Kein, dalam buku Hypnosis anda Hypnotherapy: Basic to Advanced Techniques for the Professional (2001) memberiakan beberapa jawaban yang menguatkan saya secara pribadi bahwa age regression adalah alat therapeutic yang kuat dalam hipnoterapi : “This is more than mere remembering. hyposis can cause an improvement in the ability to recall. This improved ability to remember the past is called hypermnesia.” sehingga klien mendapat kemampuan untuk dapat berubah (dengan mengandalkan dirinya) bahkan Milton H Erickson dalam buku-bukunya memberikan apresiasi pada klien yang menciptakan gambaran mental dan mengakses masa depan sebagai latihan. serta murid dan pengikutnya juga berpendapat bahwa komunikasi dalam kondisi trance yang berorientasi pada masa depan memberikan efek yang kuat.

Hypnotherapy session adalah sesi berpusat pada klien, dan therapist menggunakan teknik yang dibutuhkan bagi klien. dan banyak sekali klien yang terbantu dengan hypnotic regression ini. Dan ini salah satu hal yang digunakan agar suatu terapy dapat permanen dan memberikan efek yang konsisten. Awalnya saya terpandu dari karya Brain L Weiss, dimana skrip juga tersedia dalam buku. dan saya beruntung mendapatkan modul Professional hypnotherapy IBH dan NGH/National Guild Hypnotist, sehingga secara prosedural dapat digunakan dengan aman bagi klien-klien saya. walau kenyataanya tidak semua klien saya melakukan hypnotic regression ini, dengan alasan kecocokan klien dan kondisi mental untuk menjalani ini.

age progression ini biasa saya gunakan dalam compounding suggestion sehingga ini dapat berefek terapeutik bagi sebagian klien, sebagian lagi saya terapkan terpisah. karena menyesuaikan kebutuhan tiap-tiap klien, misal klien dengan keluhan motivasi rendah, tidak percaya diri dan mental block, adalah beberapa yang sangat baik merespon age progression, salah satunya menurut saya adalah mereka dapat penguatan keyakinan, tentu compounding suggestion ini memerhatikan 17 aturan sugesti.

age progression ini akan dapat membantu menyembuhkan atau mengatasi ragu-ragu atau ketidak yakinan. efek revivikasi yang ada akan memberikan latihan yang baik bagi pikiran, mental dan fisiknya. karena pikiran dan tubuh adalah satu kesatuan, dan ide yang masuk pada pikiran (lebih tepatnya pikiran bawah sadar) akan memberikan arahan bagi tubuh bagaimana bertindak/bereaksi.

Dalam saya menemukan age progression ini akan berbeda dengan berbagai pendekatan psikoterapi lainnya. dimana ini akan menjadi wahana baru bagi hipnoterapis modern saat ini untuk menuliskan dan mempublikasikan sebagai hal yang masih baru. sekali lagi kekuatan dari age progression ini semakin memberikan hasil pada klien yang masuk dalam trance/hypnosis. dimana akal sadar tidak dapat mempengaruhi dan mengganggu pikiran bawah sadar untuk mencapai keseimbangan yang lebih baik. ada salah satu film bagus yang biasa saya gunakan sebagai perumpamaan “back to future” atau menonton film Avenger : end Game dimana ada cerita penjelajahan waktu.