salah satu aspek penting dalam proses hipnosis dan hipnoterapi, bahkan banyak aspek komunikasi antar manusia secara umum adalah peran dari susunan kata yang dibuat oleh hypnotist. Hypnotist adalah seorang komunikator yang terampil dalam menyusun aspek ini. dari banyak praktik dan pelatihan yang saya ikuti beberapa kaidah yang digunakan dalam menyusun sugesti diantaranya saya pelajari sewaktu bertemu dengan bapak Yan Nurindra di Kelas Fudamental hypnotherapy tahun 2010. Pak Yan memberikan Kaidah penyusunan Direct Suggestion yang d ajarkan di YAN NURINDRA SCHOOL OF HYPNOTISM. (1). Menggunakan kalimat positif (2).   Bentuk waktu sekarang (present tense) atau progresif (3). Jelas dan detail dan seterusnya.

Dikesempatan tersebut saya menyediakan diri untuk menjadi subjek, dan benar dengan mudah saya mampu merasakan sugesti yang diberikan Pak Yan, Bahkan disempatan selanjutnya Pak Sydney Panjiagung juga mengulangi ini sehingga dalam kelas ini saya meraskaan cara komunikasi yang lebih baik. Hal berbeda saya temukan sewaktu belajar dengan Lex dePraxis dimana beliau memberikan konsep komunikasi efektif terselubung yang membuat saya beruntung mengikuti kelas ini dimana untuk pertama kali saya mengetahui bagaimana NLP dilakukan dalam proses hipnosis. salah satu yang digunakan lex adalah Waking Hypnosis adalah Hypnosis dalam keadaan “bangun” (mata terbuka), dan dari kelas itu saya tertarik praktik buying trance dan banyak buku-buku bertema persuasi.

Kaidah dalam sugesti adalah memberikan kepada subjek untuk menciptakan suatu suasana mental/ state dengan efektif. sehingga walau di tiap kelas saya mendapatkan guru-guru memberikan kaidah yang berbeda, dan puluhan buku yang saya baca memberikan formula yang bertolak belakang, hal ini merupakan hal yang umum. Suatu waktu disela pelatihan bersama Romy Rafael saya bertanya hal ini dan mendapat jawaban yang lebih lengkap. dimana beliau menyarankan praktik terus, dan flexibel untuk jeli menggunakan formula yang cocok tiap subjek. Bahkan dengan sugesti langsung dalam proses waking hypnosis juga dapat dijadikan penyembuhan untuk klien psikosomatik*) . Teringat kutipan dalam dimana William kroger “suggestability is further enhanced by a favour able attitude or mental set that establishes proper motivation. ” (Suggestability lebih ditingkatkan dengan sikap yang mendukung atau set mental yang membentuk motivasi yang tepat.)

ditambahkan oleh romy, sugesti yang baik adalah sugesti yang sudah disusun secara natural dan memperhatikan kaidah waktu dan otoritas. dan banyak kaidah lainnya yang semakin bertambah saat belajar pada Pak Purnawan EA dan bertanya pada Julie Griffin, dan masih banyak pengalaman baru. sugesti bagikan membuat mimpi baru pada benak subjek agar berdaya.