Artikel ini mungkin akan berbeda dengan kajian yang ada selama ini. mohon dijadikan alternatif informasi dan digunakan sebagaimana mestinya. Saya hanya pembelajar yang ingin membagikan ini kepada semua orang.

Inner child dipahami sebagai suatu perasaan yang ada dalam manusia pada umumnya, yang cenderung lugu, riang dan kreatif. hal ini pertama kali saya pelajari dari buku karya dr Alex J Hukom SPKj, seorang dosen. beliau menjelaskan dalam bukunya berjudul Analisis Transaksional (1990) dimana dia memulai dengan “Tidak ada gunanya untuk mencari-cari kesalahan pada orang lain, atau pada lingkungan di sekeliling kita. Tidak ada gunanya pula untuk membiarkan diri dipengaruhi oleh hari mendung ataupun hujan deras. Memang biarpun hari hujan perasaan tetap bisa SAS. Bila terpaksa anda, misalnya bisa menggunakan payung ntuk melindungi diri dari hjan lebat!

Hal ini selaras dengan visi kami Swadaya. SAS ini adalah mantra/afirmasi yang bertujuan mendayagunakan secara mandiri. ini dapat berguna sebagai Anchor. SAS tersebut adalah akronim untuk Senang, Aman-Sentosa.

Dalam praktiknya SAS itu berpengaruhi pada kepribadian (Ijinkan saya menyebutnya sebagai Part) di buku menerangkan adanya 3 unsur dasar dari kepribadian yang sajikan oleh dr Alex adalah:

  1. Orangtua
  2. Dewasa
  3. Kanak/Anak

dimana setiap saat seperti dapat berubah penampilan jika terpicu. Ijinkan saya fokus pada Pribadi Kanak ( Inner child) dimana penampilan khasnya ini adalah munculnya Gelak-tawa, suka-ria atau gembira. Buku ini mengantarkan saya pada buku berjudul Gestalt Therapy : The influential Masterpiece of the Gestalt movement – adynamic, revolutionary view of human personality and potential. (Frederick Perls DM dkk), dari konsep ini saya memperoleh suatu proses pembelajaran yang canggung untuk dilakukan, karena melakukan obrolan saat hipnosis/trance. dan akhirnya oleh pak Purnawan EA diperjelas bahwa Trans/hypnosis state dalam arti bahasanya adalah Antara. sehingga hipnosis untuk membantu klien/pasien atau subjek untuk mengalami yang perlu untuk mereka alami secara mental, emosi dan fisik. dan dalam afirmasi SAS ini dapat diterapkan untuk batin anak / Kanan atau Inner chiild. ada 5 phase dalam melakukannya dimulai dengan mempersiapkan klien untuk berfikir terbuka . dan selanjutnya menjalani hipnosis formal dan mengakses dalam Inner child untuk memberikan kesempatan dia berekspresi dan mendapatkan apa yang di butuhkan. dalam pribadi anak ini hal terkait pada ekspresi adalah hal yang krusial/penting sekali.

beberapa tujuan penggunaan gestalt therapy dalam hipnosis/hipnoterapi :

  • Rasa pengendaliandiri yang meningkat
  • Kemampuan yang lebih baik untuk memantau dan mengatur kondisi mental
  • Kesadaran yang lebih baik akan kebutuhan Anda
  • Toleransi yang lebih baik untuk emosi negatif
  • Keterampilan komunikasi yang ditingkatkan
  • Perhatian yang ditingkatkan
  • Peningkatan pemahaman emosional

dengan proses hipnoterapi berpadu pada gestalt therapy ini Inner child dapat terpenuhi kebutuhan-nya. bahkan menyentuk part-part lainnya.